Tips Menyalip Kendaraan Lain dengan Motor Matic - 10


Setelah teman-teman mendapatkan pengalaman dan feel saat mengendarai motor matic di jalan raya, berikutnya adalah bagaimana mendahului kendaraan lain di jalan raya dengan aman. Pastikan kondisi motor matic teman-teman dalam keadaaan yang baik dan laik jalan, bawa juga surat-surat yang diperlukan untuk berkendara lebih nyaman.

Pada saat akan menyalip kendaraan lain di jalan raya, sebaiknya dari sebelah kanan sambil menyalakan lampu sein kanan. Tambah kecepatan motor matic dengan memutar tuas gas sedikit lebih dalam dan lewati kendaraan di depan secepat mungkin, tidak lebih dari 2-3 detik sebaiknya motor teman-teman sudah berada di depan kendaraan tersebut.

Teman-teman juga bisa membunyikan klakson sebanyak 2 kali dengan cepat sebelum mulai mendahului kendaraan di depan agar pengemudi kendaraan tersebut mengetahui bahwa motor teman-teman akan melewatinya. Perhatikan juga lalu lintas dari arah berlawanan, usahakan menyalip saat kendaraan dari arah depan tidak terlalu padat dan dalam jarak aman dari motor matic teman-teman.

Tidak perlu terlalu memaksakan untuk mendahului kendaraan yang kecepatannya tidak terlalu berbeda dengan motor matic teman-teman, apalagi kendaraan yang melaju cukup kencang dan sering melakukan manuver-manuver sebaiknya dihindari dan jaga jarak aman saja. Untuk permulaan saran saya hanya mendahului satu kendaraan saja dulu, jika posisinya banyak kendaraan mengular didepan.

Perlu diingat juga agar teman-teman mengenali motor maticnya sendiri, seberapa cepat akselerasinya, berapa kecepatan maksimumnya, kestabilan motor saat dipacu dan kemampuan teman-teman melakukan pengereman hingga motor benar-benar berhenti. Saya pribadi jarang sekali mendahului kendaraan lain dalam kecepatan tinggi, murni karna skill pengereman saya tidak terlalu baik dikecepatan tinggi.

No comments