Cara Mengendarai Motor Matic di Jalan Sempit - 07 Khusus Pemula


Di tutorial kali ini saya akan menunjukan cara mengendarai motor matic di jalan sempit khususnya untuk teman-teman yang masih pemula. Teknik dasar gas dan rem sudah harus dikuasai sebelum mulai belajar di jalan sempit, yang sangat jamak kita temui di pemukiman padat penduduk terutama di kota-kota besar.

Belajar mengendarai motor matic di jalan sempit mempunyai tantangan tersendiri tidak seperti belajar di jalan raya atau tanah lapang, teman-teman harus bisa memposisikan motor sedemikian rupa sehingga tidak terlalu ke tengah dan tidak terlalu pinggir yang beresiko jatuh ke selokan. Tarik tuas gas sepelan mungkin hingga motor melaju dibawah kecepatan 20 km/jam dan gunakan rem untuk keseimbangan serta menahan laju motor agar tidak terlalu cepat.

Karena motor melaju di pemukiman padat penduduk, hindari memainkan gas motor secara berlebihan dan tidak membunyikan klakson. Pada saat berpapasan dengan kendaraan lain dari arah berlawanan dan jalan tidak memungkinkan untuk dilewati bersamaan, sebaiknya teman-teman menunggu dipinggir jalan terlebih dahulu kemudian bergantian lewat.

Gunakan kaki untuk menopang motor dan menjaga keseimbangan karena laju motor yang lambat dan tarik kedua tuas rem sesering mungkin seiring banyaknya aktifitas disekitar agar tidak menabrak orang, dinding rumah atau kendaraan yang sedang terparkir. Butuh fokus dan konsentrasi lebih pada saat teman-teman berkendara di jalan sempit dan padat penduduk seperti ini, tidak usah terlalu terburu-buru.

Jika teman-teman sudah terbiasa mengendarai motor matic di jalan sempit, maka ketika di jalan macet juga seharusnya tidak mengalami kendala berarti karena tingkat kesulitan di jalan sempit lebih tinggi dibandingkan di jalan macet. Berkendara tidak melulu soal kecepatan, manuver dan skill. Buat saya pribadi, sampai di tempat tujuan dengan selamat menjadi satu-satunya target saya ketika mulai menyalakan mesin motor.

No comments