Cara Belajar Motor Matic di Jalan Raya - 09 Jarak Pendek


Oke, setelah teman-teman mulai menguasai semua teknik dasar belajar motor matic. Tiba saatnya untuk mencari pengalaman berkendara dengan kendaraan lain di jalan raya. Untuk permulaan bisa mencoba mengendarai motor matic di jalan raya pada jarak pendek saja, hal ini bertujuan agar teman-teman terbiasa dan mendapatkan feel-nya.

Mulai melaju dengan kecepatan rendah dan selalu berada di jalur paling kiri agar mudah dilewati kendaraan lainnya, jaga jarak dengan kendaraan didepan supaya tidak terlalu mepet. Perhatikan juga lalu lintas didepan dan kendaraan lainnya, pada video saya melihat ada mobil yang menyalakan lampu sein kiri artinya mobil tersebut akan belok ke arah kiri.

Ada juga motor yang berada didepan mengalami masalah sehingga mogok dan berhenti tepat didepan motor saya, jadi memperhatikan lalu lintas dan laju kendaraan yang lain adalah hal yang sangat penting ketika berkendara di jalan raya. Begitu juga jika akan melakukan manuver belok atau putar balik, wajib menyalakan lampu sein agar kendaraan lain tahu arah laju motor teman-teman.

Jika sudah melaju sejauh 500 meter sebaiknya teman-teman segera putar balik dan kembali pulang jadi total jarak yang ditempuh sejauh 1 Kilometer, menurut saya sudah cukup baik untuk mendapatkan pengalaman di jalan raya. Kemudian selanjutnya teman-teman bisa menambah jarak tempuhnya sedikit demi sedikit, sehingga rasa khawatir/takut berkendara di jalan raya bisa mulai teratasi dan menjadi terbiasa.

Saran saya, ajaklah orang yang sudah mahir untuk mendampingi teman-teman saat berkendara di jalan raya. Jadi ketika teman-teman mulai takut dan panik, ada orang yang bisa mengambil kendali sampai pulang kembali ke rumah.

No comments