Pengalaman Belajar Mengendarai Motor Sendiri (Part-1)



Di video pertama ini, saya menceritakan pengalaman belajar mengendarai sepeda motor sendiri dari yang pertama kali sekedar modal nekat dan beberapa kejadian yang akan tetap membekas dalam pikiran saya sebagai pengingat kenakalan-kenakalan masa remaja dulu.

Sewaktu kecil, saya adalah seorang anak yang sangat aktif bergerak baik itu dengan kedua kaki atau saat mengendarai sepeda. Sampai pada saat saya kelas 1 SMP, abang saya sudah lancar mengendarai motor bebek Honda Astrea Grand milik Bapak, saya menjadi tertantang untuk belajar mengendarai motor itu sendiri.

Ya sendiri saja karena abang saya sekolahnya jauh dan biasa pulang pada saat hari sudah gelap, Bapak juga setelah pulang kerja pasti lelah dan ingin beristirahat sebentar sebelum melakukan kesibukan-kesibukan lainnya di rumah.

Pengalaman pertama bikin trauma

Sore itu, sepulang Bapak dari tempat kerjanya dan motor sudah terparkir dihalaman rumah. Abang juga sedang tidur dikamar jadi motor itu bisa bebas dipakai. Entah sudah berapa hari saya menunggu saat seperti ini, dengan keberanian dan sedikit nekat saya mengambil kunci motor Bapak sambil meminta izin sekenanya.

Saya berlari tanpa memperdulikan jawaban Bapak menuju halaman dan langsung menyalakan mesin motor, untungnya motor hanya distandar samping karna kalau distandar tengah agak susah bagi saya yang bertubuh pendek waktu itu untuk menurunkan standar tengah motornya.

Motor sudah bisa saya kendarai sampai keluar rumah dengan menggunakan gigi 1 dan 2 kemudian saya belok ke arah kiri, sekira 200 meter jarak saya mengendarai motornya dari rumah. Pada saat putar balik ingin pulang kembali ke rumah saya mengalami kesulitan, tak memperdulikan rasa malu saya tuntun motornya sampai ke seberang jalan.

Kembali saya melaju dengan motor hingga sampai di jalan depan rumah, ketika ingin membelokkan motornya ke arah kanan ke halaman rumah saya sangat kesulitan karna badan yang pendek dan rasa takut/grogi mulai menjalari seluruh tubuh saya.

Tak kuasa menahan beban motor yang berat, motor pun terjatuh ke arah kiri dekat bahu jalan serta parit sambil tangan masih memegang tuas gas dan tak sengaja menariknya hingga mesin motor meraung kencang. Mendengar suara motor jatuh dan raungan mesin, Bapak dan abang segera keluar rumah dan membantu saya mengangkat motor.

Dari kejadian itu saya menjadi malu karna jatuh naik motor dilihat para tetangga dan mengalami trauma serta ketakutan untuk mencoba lagi belajar motor sendiri. Sampai beberapa tahun setelah itu...


2 comments:

  1. Assalamu'alaikum...mas mau nanya gimana caranya biar motor gak goyang waktu baru naik d jalan aspal

    ReplyDelete
  2. Latihan keseimbangan dulu, videonya ada di channel YouTube : vorhesz

    ReplyDelete