Cara Mengendarai Motor Matic di Tanjakan dan Turunan - 03 Pemula


Setelah teman-teman sudah sedikit lancar melakukan teknik stop & go di jalanan yang datar, pada tahap selanjutnya mungkin akan lebih sulit yaitu di jalanan menurun dan menanjak. Di video kali ini saya menunjukkan cara mengendarai motor matic di tanjakan dan turunan yang tidak terlalu curam/tajam.

Jadi pada saat jalanan mulai menanjak usahakan gas ditahan agar stabil dan laju motor tetap pada kecepatan normal, hal ini mencegah laju motor melambat dan berhenti sehingga tidak bisa melewati tanjakan tersebut. Ini menjadi salah satu kelebihan motor matic di jalan tanjakan karena tidak perlu untuk mengoper/pindah gigi seperti pada motor bebek atau sport.

Jika sudah sedikit menguasai teknik gas di tanjakan, kemudian teman-teman coba melaju lagi di jalan tanjakan dan tarik kedua tuas rem pada saat sedang menanjak sampai motor benar-benar berhenti. Tahan kedua tuas rem agar motor tidak mundur ke belakang sambil putar gas secara perlahan, lalu lepas kedua tuas rem dan biarkan motor kembali melaju.

Untuk di jalan turunan biasanya saya tidak memutar gas dan hanya memanfaatkan gaya dari jalan turunan saja agar motornya bisa melaju, jadi tangan lebih aktif untuk menarik/melepas kedua tuas rem. Dengan melakukan hal tersebut, konsumsi bahan bakar pada saat melewati jalan menurun menjadi sangat hemat sekali.

Pada saat motor sudah melaju di jalan turunan lalu teman-teman tarik kedua tuas rem secara bersamaan untuk menghentikan laju motor, sambil terus ditahan kedua tuas rem agar motor tidak maju karena gaya dari jalan turunan tersebut. Ulangi latihan ini berkali-kali sampai teman-teman lancar mengendarai motor matic di tanjakan dan turunan.

Nah salah satu kekurangan motor matic juga terlihat di jalan turunan seperti ini terutama pada saat ingin menurunkan kecepatan, dimana jika pada motor bebek atau sport ada fitur engine break dengan menurunkan gigi sehingga membantu saat pengereman. Sementara menurut pengalaman saya pengereman motor matic di jalan turunan apa lagi yang curam memerlukan usaha yang lebih besar untuk menarik kedua tuas remnya.

No comments