Cara Mengendarai Motor Matic di Turunan & Tanjakan Tajam bagi Pemula - 06


Setelah mencoba latihan di tanjakan dan turunan yang cukup landai, selanjutnya teman-teman pasti akan melewati jalan dengan berbagai tantangannya. Salah satunya jalan tanjakan dan turunan yang lebih curam/tajam, jadi kali ini saya akan membahas cara mengendarai motor matic di turunan dan tanjakan tajam khususnya bagi pemula.

Masih sama dengan teknik di tanjakan sebelumnya, pada saat melewati tanjakan yang lebih curam usahakan gas tetap stabil dan diputar lebih dalam ketika di tanjakan tersebut kecepatan motor mulai menurun. Menjaga agar kecepatan motor bisa stabil di tanjakan adalah salah satu target dari latihan ini, dan sebaiknya dimulai dengan ancang-ancang dengan kecepatan yang cukup sebelum jalan mulai menanjak.

Saat motor sudah sampai di akhir tanjakan, teman-teman bisa menambah putaran gasnya sampai motor sepenuhnya melewati tanjakan tersebut. Setelah motor berhasil melewati tanjakan tajam, kurangi putaran gas agar kecepatan motor kembali normal seperti sebelum melewati tanjakan.

Kalau sebelum jalan menurun, teman-teman tidak bisa melihat jalur di depan biasanya ada turunan curam yang harus dilewati. Sebaiknya kecepatan motor diturunkan terlebih dahulu dan tangan selalu siap untuk menarik tuas rem, pada saat motor sudah berada di jalan turunan tajam pastikan teman-teman mengatur kecepatannya dengan menarik kedua tuas rem.

Pastikan kecepatan motor matic tidak terlalu kencang pada saat melewati jalan turunan tajam karena akan lebih beresiko jika sewaktu-waktu ada kendaraan lain di depan yang berhenti/belok. Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya jika salah satu kekurangan motor matic tidak mempunyai engine break seperti pada motor bebek atau sport. 

Jadi sebaiknya tidak melaju dikecepatan tinggi pada saat melewati jalan turunan tajam karena hanya bisa mengandalkan kedua tuas rem supaya motor berhenti atau melakukan manuver untuk mengindar yang lebih beresiko. Dan saya juga jarang sekali memutar tuas gas motor matic pada saat melewati jalan turunan tajam dan hanya memanfaatkan gaya dari jalan menurun itu sendiri saja.

No comments