Cara Melewati Polisi Tidur dengan Motor Matic untuk Pemula - 05 Komplek Perumahan


Melewati polisi tidur di jalan menjadi suatu tantangan tersendiri khususnya bagi pemula yang sedang belajar motor matic, terkadang bahkan menjadi salah satu kendala yang menyebabkan malas untuk melewati jalan yang ada polisi tidurnya. Teknik rem yang baik dan memutar gas di waktu yang tepat menjadi kunci agar dapat melewati polisi tidur dengan baik tanpa menyebabkan stang menjadi goyang karena efek benturan ban motor matic dengan polisi tidur.

Pada saat latihan melewati polisi tidur usahakan dimulai dengan putaran gas yang cukup, lalu beberapa meter sebelum sampai di polisi tidur gunakan rem untuk menurunkan kecepatan motor matic tapi tidak sampai motor berhenti. Semakin pelan laju motor saat melewati polisi tidur, maka semakin sedikit efek benturan antara ban motor dengan polisi tidur baik pada stang maupun dudukan motor.

Setelah ban depan motor matic melewati polisi tidur, teman-teman langsung putar gas lagi secara perlahan agar motor tidak kehilangan momentum dan kembali melaju. Semakin tinggi dan besar ukuran polisi tidur maka lebih baik semakin pelan juga laju motor sebelum melewati polisi tidur tersebut.

Untuk polisi tidur ukuran kecil dan ada beberapa buah dengan posisi berdekatan biasanya saya mengambil jalur dimana tinggi polisi tidurnya lebih rendah dan lebih rata. Tantangan dalam melewati polisi tidur ini adalah teman-teman aware dengan melihat langsung polisi tidur yang ada di depan, akan menjadi lebih sulit dilakukan pada malam hari dan di jalan yang belum pernah dilewati.

Jika teman-teman tidak melihat ada polisi tidur di depan dan tidak sempat menurunkan kecepatan motor maticnya sehingga terjadi benturan yang cukup keras, saran saya agar tetap tenang mengendalikan laju motornya dan tetap fokus ke jalan yang ada di depan.

No comments