Cara Belajar Motor Matic bagi Pemula - 02 Teknik Rem & Gas


Setelah kita sudah terbiasa duduk diatas motor dan cukup mengerti kegunaan dari fitur-fitur yang ada pada motor matic, tahapan selanjutnya adalah mencoba mengendarai motor di jalan yang cukup sepi seperti di lapangan atau komplek perumahan. Jadi teman-teman posisinya sudah duduk diatas motor dengan bertumpu pada kedua kaki, baik standar tengah maupun standar samping sudah dalam posisi naik.

Nyalakan mesin motor matic teman-teman dan coba pegang stang motornya dengan tangan yang santai/rilex serta tidak kaku dan tegang, hal ini untuk mempermudah teman-teman mengendalikan motor pada saat sudah melaju dan mencegah tangan menjadi cepat pegal/capek. Posisikan juga kedua jari (telunjuk dan tengah) pada masing-masing tangan untuk selalu berada di tuas rem kiri dan kanan, usahakan agar kedua jari tersebut bisa menarik tuas rem dengan baik.

Kemudian teman-teman bisa coba memutar gasnya secara perlahan saja sampai motor bisa melaju kedepan sambil belajar menjaga agar laju motor lurus ke depan dengan menggerakan stang motor. Setelah beberapa meter baru kemudian teman-teman coba tarik kedua tuas rem hampir bersamaan untuk menghentikan laju motor.

Tidak perlu terlalu lama memutar gasnya cukup sampai motor bisa jalan kedepan saja lalu kemudian hentikan lajunya menggunakan kedua tuas rem. Perhatikan juga pada saat motor sudah melaju ke depan, maka teman-teman harus menjaga laju motor agar tetap lurus ke depan tidak terlalu ke kiri maupun ke kanan.

Jika laju motor mulai ke arah samping, teman-teman bisa menarik tuas rem untuk menghentikan laju motor agar tidak sampai menabrak pembatas jalan atau masuk ke dalam parit/selokan di pinggir jalan. Kemudian teman-teman putar stang motornya ke arah tengah jalan dan mulai kembali latihannya.

Latihan ini berguna untuk melatih keseimbangan teman-teman juga koordinasi tangan, terutama tangan kanan yang memegang gas sekaligus tuas rem. Ulangi beberapa kali dengan jarak pendek sekitar 3-5 meter dari posisi awal motor melaju sampai posisi akhir motor berhenti.

No comments