Cara Belajar Motor Matic bagi Pemula - 01 Pengenalan


Salah satu elemen penting sebelum kita mulai mempelajari suatu hal baru adalah tahap pengenalan. Jadi sebelum saya masuk pada pembahasan cara belajar motor matic bagi pemula, pada video ini terlebih dahulu saya berikan pengenalan singkat mengenai fungsi dari masing-masing instrumen pada motor matic Honda Beat yang saya pergunakan.

Saran saya yang pertama untuk teman-teman yang ingin belajar mengendarai sepeda motor matic yaitu selalu usahakan ada orang yang sudah mahir untuk mendampingi pada saat proses latihan/belajar. Tujuannya supaya ada yang mengoreksi teman-teman saat melakukan kesalahan juga memberikan dorongan semangat agar teman-teman lebih percaya diri.

Pertama-tama pastikan teman-teman menggunakan perlengkapan berkendara yang memadai seperti jaket, sepatu, helm, celana panjang, pelindung siku/dengkul dan sarung tangan. Karena tujuannya untuk latihan pada tahap masih belajar, perlengkapan ini menjadi penting untuk mengurangi dampak cedera juga menambah rasa percaya diri teman-teman.

Kemudian posisikan motor menggunakan standar tengah lalu teman-teman naik dan coba duduk diatas motor selama 5-10 menit untuk mendapatkan feel atau posisi yang nyaman. Lalu teman-teman atur posisi kedua spion agar bisa melihat ke belakang dengan baik dari posisi teman-teman duduk.

Pastikan juga standar samping motor maticnya sudah naik untuk kemudian teman-teman coba menyalakan mesin motornya. Putar kuncinya ke arah ON kemudian tunggu lampu indikator engine check pada speedometer padam, lalu nyalakan mesin motornya dengan menarik tuas gas dan menekan tombol starter pada saat yang bersamaan. Setelah mesin motor menyala, teman-teman akan merasakan motor sedikit bergetar.

Kemudian teman-teman coba menyalakan lampu sein/sign kiri maupun kanan dengan mendorong tuasnya ke kiri dan kanan, pada saat ini perhatikan indikator lampu sein di speedometer juga menyala. Untuk mematikannya teman-teman cukup menekan tuasnya seperti menekan tombol starter. Fungsinya untuk memberikan tanda kepada pengguna jalan yang lain jika teman-teman akan melakukan manuver baik itu belok, menyeberang, putar balik, menepi, menyalip, dll.

Salah satu tombol yang perlu teman-teman coba adalah tombol dim/klakson, pencet/tekan tombol beberapa kali untuk memastikan klakson masih berfungsi dengan baik. Salah satu fungsi dari tombol ini adalah memberikan informasi/tanda kepada pengguna jalan yang lain jika teman-teman ingin mendahului/menyalip.

Seterusnya teman-teman coba juga tekan tombol lampu sorot/jauh dan perhatikan indikator berwarna biru di speedometer menyala. Tombol ini akan sangat berguna pada saat malam hari dan di jalanan yang minim cahaya atau benar-benar gelap, untuk melihat lebih jauh keadaan yang ada di depan kita.

Lalu teman-teman bisa melihat pada panel speedometer terdapat beberapa informasi penting lainnya seperti kecepatan motor, jarak yang sudah ditempuh (kilometer), indikator bahan bakar motor, lampu sein, engine check, dan lampu sorot. Saran saya teman-teman harus pastikan bahan bakar motor matic cukup untuk sampai ke tujuan, jika jarum menunjuk ke E (empty) usahakan agar segera mengisi bahan bakar di SPBU terdekat.

No comments