Cara Belajar Belok dan Putar Balik Motor Matic bagi Pemula - 04 Di Komplek Perumahan


Teknik berikutnya yang harus teman-teman kuasai setelah gas & rem adalah cara belok kiri, belok kanan dan putar balik. Jadi pada tahapan ini saya menunjukkan cara belajar belok dan putar balik motor matic khususnya bagi pemula di komplek perumahan, jika ditempat teman-teman jauh dari komplek perumahan yang agak sepi bisa juga latihan di lapangan.

Pada saat sebelum belok ke kiri maupun ke kanan saya selalu menurunkan kecepatan motor matic dulu agar lebih mudah dikendalikan dan tidak kelewatan/kebablasan saat memutar stang motornya. Ambil jalur sedikit agak kepinggir tidak terlalu ke tengah sewaktu belok ini berguna untuk menghindari jika ada kendaraan dari arah berlawanan dan untuk belok kanan saya sarankan teman-teman ambil jalur disisi sebelah kiri.

Jika teman-teman agak melebar sewaktu membelokkan motor maticnya, usahakan selalu menarik tuas rem untuk menurunkan kecepatan motornya supaya tidak kebablasan/kelewatan sampai ke bahu jalan atau bisa sampai masuk ke parit/selokan. Supaya lebih efektif dan efisien, teman-teman bisa latihan belajar belok kanan atau belok kiri dulu sampai cukup lancar baru kemudian gantian latihan belok ke arah sebaliknya.

Latihan putar balik sebaiknya dilakukan jika teman-teman sudah mulai lancar latihan beloknya, umumnya putar balik itu selalu ke arah kanan jadi sebaiknya teman-teman sudah punya modal bisa belok kanan dengan lancar. Sebelum teman-teman mulai putar balik, selalu perhatikan kendaraan lain yang akan melintas baik dari arah depan maupun belakang.

Pastikan tidak ada kendaraan yang akan melintas dari kedua arah kemudian teman-teman mulai memutar gas secara perlahan, gunakan kaki kanan sebagai penopang untuk menjaga keseimbangan bukan sebagai penahan beban motor maticnya. Kombinasikan juga dengan menarik tuas rem jika kecepatan motor dirasa terlalu cepat sehingga laju motor tidak terlalu melebar sampai ke bahu jalan, setelah motor sudah berada di jalurnya putar gas kembali perlahan-lahan agar laju motor lebih mudah dikendalikan.

No comments